JELANG LAGA MALAM INI, TIMNAS VS AUSTRALIA

Oleh : Peter Suriadi (Guru SMA Mardi Yuana Kota Bogor)

HARI ini, Kamis 18 April 2024 pukul 20.00 WIB, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Indonesia akan memainkan laga kedua kejuaraan sepak bola Piala Asia U-23 menghadapi Australia.

Laga ini bisa dikatakan laga penentuan nasib karena Indonesia kini berada di peringkat terakhir atau keempat di Grup A dengan tanpa poin.

Di setiap grup, hanya dua tim teratas yang berhak lolos ke babak perempat final. Untuk menjaga asa lolos dari fase grup, Indonesia mutlak harus mampu mengalahkan Australia.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 26 April 2024

Jika hanya bisa meraih hasil imbang, nasib Indonesia lolos ke perempat final akan tergantung tim lain. Bahkan jika kembali menelan kekalahan, secara matematis Indonesia harus angkat koper lebih dini dan memupus ambisi lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Dengan demikian Indonesia mengemban misi yang nyaris mustahil dalam lagi ini.

Mengapa demikian? Karena Indonesia selalu kalah melawan Australia dalam dua laga beruntun pada babak kualifikasi Piala Asia U-23 2022 yang dilangsungkan di Tajikistan pada bulan Oktober 2021 dengan skor 2-3 dan 0-1.

BACA JUGA :  Wajib Tahu, Ini Dia 5 Penyebab Kentut Bau Busuk, yang Terakhir Sangat Berbahaya

Dan dalam dua edisi terakhir ajang yang sama, yakni Thailand 2020 dan Uzbekistan 2022, Australia selalu menembus babak semifinal.

Dalam laga ini, Indonesia tidak bisa memainkan gelandang andalan, Ivar Jenner, karena hukuman akumulasi dua kartu kuning di laga melawan Qatar.

============================================================
============================================================
============================================================