JAKARTA TODAY – Kepala BNPB Doni Monardo mengungkapkan sejumlah pengusaha bersedia membantu pemerintah menyiapkan fasilitas hotel untuk pasien terkait virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Doni menyebut fasilitas ini tidak hanya berada di Jakarta, tapi juga di beberapa daerah.

“Sejumlah tokoh nasional, dan pengusaha telah menyanggupi menyiapkan fasilitas hotel mereka yang manakala fasilitas yang disiapkan oleh pemerintah terbatas, baik di Jakarta maupun di sejumlah daerah lainnya,” ujar Doni, Kamis (19/3/2020).

Doni mengungkapkan banyak pengusaha swasta yang menawarkan pemerintah menggunakan bangunan hotel yang kosong. Nantinya, sebut Doni, pihaknya akan berkoordinasi dengan tim kesehatan untuk menyiapkan tempat tersebut.

“Demikian juga adanya tawaran dari sejumlah pengusaha. Karena sekarang ini banyak hotel yang relatif kosong, sehingga mereka, karena kepeduliannya pada negara, instansi, masyarakat yang sangat tinggi, mereka sudah menawarkan. Untuk itu nanti tim dari kesehatan dan sejumlah pihak lainnya akan melihat kesiapan dari tempat-tempat tersebut,” jelasnya.

Menurut Doni, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga meminta seluruh dokter, tenaga medis, hingga mahasiswa kedokteran turut memberikan bantuan. Bantuan mereka sebagai relawan sangat dibutuhkan.

“Kemudian juga Presiden meminta meningkatkan kemampuan atau mobilisasi para dokter yang mungkin bisa dihimpun menjadi relawan, termasuk juga tenaga medis, petugas ambulans, dan mahasiswa kedokteran semester akhir,” pungkasnya. (net)

loading...