Untitled-11GERBANG penerimaan calon mahasiswa mahasiswi baru sudah mulai dibuka, bagi mereka yang baru lulus dari SMA/SMK, tentu jenjang kuliah jadi proses berikutnya untuk menjadi orang yang lebih sukses dan menjanjikan untuk masa depan. Untuk itu harus memilih jurusan yang tepat, sesuai dengan hati nurani dan passion. Tak dipungkiri, beberapa orang mengambil jurusan kuliah yang kira-kira dapat mencerahkan masa depan dengan kesempatan lapangan pekerjaan luas, sehingga pada saat lulus nanti tidak perlu lagi kerepotan mencari pekerjaan

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Direktur Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bogor Hotel Institut (BHI), Agung Djati Walujo mengungkapkan, perkembangan bisnis perhotelan, resto dan pen­didikan perhotelan berkembang sangat pesat dan sangat diminati para pengusaha. Karena itulah lu­lusan BHI tidak sulit untuk bekerja sesuai bidangnya. Bahkan, tidak sedikit dari mereka telah bekerja meski belum lulus.

“Banyak kok Mahasiswa kami yang belum lulus sudah bekerja, malahan tempat mereka bekerja meminta anak didik kami untuk melanjutkan kerja di tempat terse­but jika sudah lulus nanti,” ung­kap Agung.

Hal ini dirasakan betul oleh Alumni STP BHI, Ega Permana. Ega mengaku awalnya sempat bingung saat hendak masuk dunia perguruan tinggi. Hanya saja, me­mang Ega sendiri lulusan sekolah kejuruan perhotelan dan pariwisa­ta, jadi memang sudah menjadi jodohnya ia memutuskan masuk ke STP BHI.

“Pertama kali masuk dunia perkuliahan saya merasa bingung karena memang dunia perhotelan dan pariwisata baru untuk saya. Awalnya, saya merasa tidak yakin dengan pilihan saya, tetapi setelah mengambil program D3 di STP BHI ini wawasan saya semakin meningkat tentang dunia pari­wisata dan perhotelan, dan saya pun menemukan passion saya di dunia memasak,” urainya kepada BOGOR TODAY.

Kemudian, sambung Ega, pada semester kedua Egi merasakan pengalaman baru dalam dunia magang atau on the job training di Hotel Aryaduta, Semanggi, Jakarta Selatan. “Banyak sekali ilmu yang diajarkan dalam perkuliahan yang saya terapkan ketika saya magang karena memang di kampus sering sekali praktek,” kenang dia.

Selain Hotel Aryaduta, msih kata Ega, ia juga merasakan pen­galaman lebih banyak lagi ketika magang untuk yang kedua kalinya di Restaurant Lyon Hotel Manda­rin sebagai seorang koki. “Kerja di bagian cook enak gak enak, yang pasti kerjaan kita beda dari yang lain. Seperti ada perasaan bangga tersendiri meskipun saya sibuk kerja tetapi saya masih biasa mengatur waktu untuk kuliah dan buktinya bulan oktober 2015 saya selesai TA dan sudah lulus dari STPB. Pada bulan september 2015 saya mendapat Brown medal dari acara Salon Culinaire di katagori “Five Courses Set Menu Find Dinning”,” pungkasnya.

 

loading...