Untitled-7Latihan keras yang kita lakukan di gym ternyata juga bisa meningkatkan nafsu makan, sehingga kita mengasup lebih banyak makanan. Karenanya pola makan juga harus diatur. Kunci untuk memiliki berat badan ideal adalah mengatur asupan kalori, dengan atau tanpa meningkatkan aktivitas olahraga. Hal tersebut juga sudah dibuktikan dalam ber­bagai penelitian.

“Aktivitas fisik memang san­gat penting untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Tetapi, hanya sedikit bukti ilmiah bahwa hal itu bisa melawan obe­sitas. Resepnya harus lebih tepat, makanlah sedikit kalori untuk menurunkan berat badan,” kata Dr.Richard Cooper dan Dr.Amy Luke dari Loyola University Chica­go Stritch Scool of Medicine, yang banyak meneliti tentang olahraga dan obesitas.

Cooper menjelaskan, cukup banyak penelitian yang menyim­pulkan bahwa olahraga dan mem­batasi kalori akan menghasilkan penurunan berat badan yang se­tara dengan melakukan diet saja.

Selain itu, penelitian lain juga menyebutkan bahwa tak ada kai­tan antara pengeluaran energi (melalui olahraga) dan penurunan berat badan. “Walau berolahraga memiliki banyak manfaat, tapi seringkali saat aktivitas fisik me­ningkat asupan kalori pun bertam­bah,” katanya.

Sikap mental yang mende­wakan olahraga untuk memben­tuk badan ideal sesuai dengan keinginan tanpa disertai pola makan dan pola hidup sehat perlu dibuang jauh dari pikiran. “Saya sudah berolahraga keras maka bo­leh makan apa saja. Itu pemikiran yang salah kaprah,” ungkapnya.

Baca Juga :  Dear Bunda, Waspada Ini Bahaya yang Bisa Terjadi Saat Anak Sering Ngupil. Simak Yuk Cara Mengatasinya

Pola pikir seperti itu justru membuat asupan kalori yang ma­suk lebih banyak dari yang ke­luar. Berat badan pun akan stag­nan, bahkan bertambah. “Berolahraga adalah cara yang baik untuk menjaga berat badan, tapi bukan cara terbaik untuk menurunkan­nya,” kata Dr.Michael Mosley, penggagas diet popular 5:2.(*)

Aplikasi Olahraga

Sekarang adalah zaman modern, Anda bisa memanfaatkan smartphone sebagai pelatih olahraga pribadi, Buatlah rencana olahraga Anda di ponsel, via aplikasi canggih yang dapat membantu tujuan kebugaran Anda melalui fitur interaktif, statistik instan dan tip, dan teknologi GPS, serta inspirasi dari berbagai sumber. Hidupkan lagi motivasi Anda berolahraga dengan mengunduh enam aplikasi ini.

  1. Hot5

Ini adalah salah satu aplikasi terfavorit sejak 2014. Dari latihan untuk mendapat perut yang rata sampai melatih fleksibilitas untuk yoga, ada di sini. Hot5 berisi halaman dan video lati­han 5 menit yang super mudah diikuti. Anda dapat menemukan video latihan dari semua variasi dan tingkat kesulitan.

Sementara sebagian besar aplikasi kebugaran menampilkan video jadul, Hot5 ini menyajikan video yang tampil modern. Antarmukanya juga dirancang dengan indah dan user friendly. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai add-on untuk latihan rutin kebugaran Anda. Ingin melakukan 5 menit latihan otot perut setelah jogging, atau melatih semua otot tubuh atau melakukan mix-match gerakan, Hot5 dapat membantu. Kompatibilitas: iPhon

  1. Workout trainer
Baca Juga :  Ini Dia Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Workout Trainer (Android, iOS) menyediakan ribuan contoh latihan lengkap dengan waktu, petunjuk langkah-demi-langkah berupa audio dan video untuk membantu Anda mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. Apakah Anda ingin perut berotot atau ingin menambah kekuatan, ada latihannya di aplikasi ini. Pengguna juga dapat mengakses perpustakaan aplikasi, menyusun rencana latihan dan membaginya secara online.

  1. Johnson & Johnson 7 Menit Workout

Aplikasi ini cocok untuk pemula dan senior. Johnson & Johnson 7 Menit Workout App (Android, iOS) memandu pengguna berlatih selama 7 menit penuh. Ada juga panduan untuk latihan yang lebih advance setelah Anda merasa cukup untuk latihan 7 menit, lengkap dengan durasi, intensitas dan video pendek. Fitur Smart Workout dapat berfungsi sebagai pelatih pribadi Anda. Pengguna juga dapat membuat rencana latihan mereka sendiri.