1. Langsung : melalui percikan dahak (droplet) pada saat pasien batu atau bersin.
  2. Tidak Langsung : melalui kontak den­gan benda yang terkontaminasi virus.

Gejala

Gejala dari infeksi Mers sangat mirip dengan influenza sehingga diistilahkan “flu like syndrome”. Penderita MERS akan mengalami batuk dan keluar lendir yang berlebihan dari hidungnya. Bedanya, pada yang terinfeksi Mers juga akan timbul demam tinggi minimal 38 derajat celsius dan sesak napas.

BACA JUGA :  Simak Ini, Makanan Vegetarian yang Bisa Jadi Pengganti Asupan Ikan

Gejalanya juga memiliki kemiripan dengan sindrom pernapasan akut berat (SARS). Ked­uanya sama-sama pneumonia yang disebabkan oleh virus. Gejalanya bisa berupa flu biasa hingga infeksi saluran pernapasan bawah atau radang paru.

Masa inkubasi dari virus hingga menyebab­kan penyakit adalah dua hingga 14 hari. Sehingga mungkin saja seseorang terinfeksi virus corona MERS di Timur Tengah dan kemudian gejala baru timbul begitu sudah kembali ke negara asal.

BACA JUGA :  Cegah Gula Darah Naik dengan Ubah Gaya Hiduo Sehat, Simak Ini

Pencegahan dan Pengobatannya

Belum ditemukan vaksin yang tersedia untuk mengobati penyakit ini. Pengobatan anti viral yang bersifat spesifik belum ada, dan pengobatan yang dilakukan tergantung dari kondisi pasien.

Pencegahan dapat dilakukan pola hidup bersih dan sehat, menghindari kontak langsung dan erat dengan penderita, menggunakan masker,menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan menerapkan etika batuk ketika sakit.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================