Untitled-7Arsitek era modern tampaknya tak lagi menerjemahkan sebutan rumah pohon sebagai rumah yang dibangun di atas pohon. Menjawab banyaknya permasalahan lingkungan akibat penebangan pohon, para arsitek kini berlomba membangun rumah tanpa perlu menebang pohon. Itulah yang kemudian menjadi pengertian baru rumah pohon, rumah dengan pohon yang tumbuh di dalamnya.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Dengan konsep meng­gabungkan ruang luar dengan ruang dalam, rumah-rumah berikut ini diharapkan dapat meningkatkan interaksi antara penghuni rumah dengan alam. Pohon di lahan eksisting dibi­arkan tetap berdiri kokoh dan menjadi bagian dari rancan­gan induk (masterplan) rumah tersebut.

Berikut ini lima rumah po­hon rancangan para arsitek du­nia yang dapat menginspirasi Anda.

  1. Casa Vogue rancangan Alessandro Sartore

Interior rumah satu ini tam­pak indah dengan lubang ber­diameter 3 meter yang menjadi celah tumbuh pohon besar. Pohon yang dinamakan “Beth­any” dibiarkan oleh si pemilik untuk tumbuh menjulang di ruang tamu mereka hingga ke luar atap.

Tak hanya itu, arsitek Ales­sandro Sartore juga merancang satu lubang lagi di garasi Casa Vogue sebagai celah tumbuh pohon lainnya. Bukan seka­dar menjadi aksentuasi ruang, Bethany juga memperindah bentuk bangunan dari tampak eksteriornya.

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua