Naek-L-TobingBerdasarkan penelitian, seseorang yang selingkuh ternyata juga dipengaruhi oleh faktor DNA. Hasilnya, sekitar 50 persen individu yang memiliki tipe gen alel panjang mengaku pernah berselingkuh, sementara mereka yang memiliki gen alel pendek sebanyak 22 persen mengaku pernah berselingkuh.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Tak terhitung bera­pa banyak hubun­gan pernikahan atau asmara yang hancur karena perselingkuhan. Meski begitu, tetap saja banyak orang yang sulit untuk tetap mempertah­ankan komitmen kesetiaannya.

Peneliti seks Share Hite dalam The Hite Report men­gungkapkan, sebanyak 70 pers­en perempuan menikah dan 72 persen laki-laki yang sudah menikah pernah berselingkuh. Mungkin sulit dipahami mengapa seseorang ber­selingkuh meski sudah menikah. Ber­dasarkan penelitian, seseorang yang selingkuh ternyata juga dipengaruhi oleh faktor DNA. Peneliti membaca kode genetik pada reseptor dopamin atau hormon bahagia para respon­den.

BACA JUGA :  Apa Sih Gejala Awal Ginjal Bermasalah? Simak Ini, Siapa Tau Kamu Alami Gejalanya

Hasilnya, sekitar 50 persen indi­vidu yang memiliki tipe gen alel pan­jang mengaku pernah berselingkuh, sementara mereka yang memiliki gen alel pendek sebanyak 22 persen men­gaku pernah berselingkuh.

Pembacaan gen ini juga bisa menunjukkan apakah seseorang memiliki perilaku berisiko, seperti menggunakan obat-obatan terlarang. Hormon lain yang berkaitan dengan perselingkuhan, yaitu vasopressin. Hormon ini dilepaskan ketika ada kontak fisik dengan orang lain yang berkaitan dengan sosial.

BACA JUGA :  5 Makanan Bikin Cepat Pulih dari DBD, Simak Ini!

Akan tetapi, faktor genetik ini dinilai bukan menjadi satu-satunya faktor yang menyebabkan seseorang berselingkuh. Menurut peneliti dalam video The Science of Cheating, selingkuh bukan hanya disebabkan faktor gen, melainkan juga dipicu ma­salah keuangan, emosional, dan ter­lalu banyak minum alkohol. Di samp­ing pengaruh gen, menurut peneliti, hal yang utama adalah bagimana se­seorang bisa mengontrol perilakunya dan memutuskan untuk tetap setia dengan pasangan atau tidak.

============================================================
============================================================
============================================================