osteoporasis2Selain mood booster dan pencegah rasa kantuk, kopi juga rupanya bisa mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau yang biasa disebut osteoporosis. Tentu ini kabar gembira bagi penggemar kopi, tapi ingat. Jangan berlebihan meminumnya.

Oleh : Rishad Noviansyah
[email protected]

Sebuah penelitian yang dilakukan Seoul National University Hospi­tal, Korea Selatan, mengonsumsi dua cangkir kopi dalam sehari, mampu mengurangi risiko osteopo­rosis secara signifikan. Ter­utama bagi para wanita.

Seoul, Penggemar kopi pasti sepakat jika minuman ini adalah penam­bah semangat dan pencegah kantuk. Na­mun ternyata kopi juga ber­manfaat un­tuk mencegah pengeroposan tulang atau biasa disebut osteoporo­sis.

Peneliti mengamati efek kopi terhadap 4.066 wanita meno­puse yang sering mem­perlihatkan gejala osteo­porosis di Korsel yang telah menjalani pemeriksaan kepa­datan tulang berkala sejak 2008 hingga 2011.

BACA JUGA :  8 Penyebab Susah Turunkan Berat Badan, Simak Ini

Dari penelitian itu diketahui, dengan meminum kopi kurang dari satu cangkir setiap hari, dapat menurunkan risiko osteporosis hingga 21 persen. Jika meminum kopi dua cangkir sehari, penurunan risik­onya bisa mencapai 36 persen.

Sedangkan partisipan yang hanya rutin meminum satu cangkir kopi dalam sehari mengalami penurunan risiko tulang keropos sebanyak 33 persen. Itu artinya, mengonsumsi sedikit kopi saja sudah memberikan manfaat nyata bagi kesehatan tulang wanita, yang memang lebih rentan terserang osteoporosis ketimbang pria.

BACA JUGA :  Konsumsi Ini Sebelum Tidur, 3 Minuman Penghancur Lemak Perut

Namun peneliti mengingatkan, kopi hanya akan menyebabkan mudharat bila dikonsumsi secara berlebihan sebab dapat menghilangkan zat-zat penting dalam tubuh seperti kalsium yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

“Minum kopi sebenarnya bisa meningkatkan kesehatan tulang wanita, asalkan tidak minum terlalu banyak,” simpul ketua tim peneliti, Dr Park Sang Min seperti dikutip dari The Korean Herald, Jumat (26/2/2016).

Senada, dr Rahyussalim, SpOT(K)Spine dari RS Cipto Mangunkusumo juga mengatakan, mi­num kopi berlebih bisa menyebabkan gangguan pada pembuluh darah. “Bisa saja yang tergang­gu adalah pembuluh darah di tulang belakang, jadi jelas akan menimbul­kan rasa sakit,” jelas­nya.

(*/de­tikhealth)

============================================================
============================================================
============================================================