Wajib Tahu, Selada Air Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Simak Ini

Selada Air Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

BOGOR-TODAY.COM – Salah satu sayuran yang sudah terkenal dan harganya juga sangat murah jika dibeli, yaitu selada air (Nasturtium officinale). Walaupun harganya murah dan mudah di dapat, selada air ini ternyata memiliki banyak manfaat lho.

Adapun ciri fisik yang dimiliki selada air atau watercress seperti batangnya berair, berongga, dan bercabang, daunnya terbagi menyirip, memiliki 3-7 anak daun, lonjong atau berbentuk telur, tepinya utuh atau bergelombang.

Dengan batang berdiameter hingga 20 mm dan panjang daun hingga 27 cm, spesies ini dapat tumbuh hingga ketinggian 50-200 cm. Selada air memiliki rasa agak pedas sehingga cocok digunakan untuk campuran salad, sebagai hiasan, atau dimasak.

Simak apa saja manfaat selada air untuk kesehatan dalam penjelasan di bawah ini. Ketahui juga apa saja komposisi kandungannya.

Manfaat Selada Air untuk Kesehatan

  1. Padat Nutrisi, Terutama Vitamin K

Selada air memiliki kalori yang rendah tetapi padat nutrisi, terutama kandungan vitamin K.

BACA JUGA :  Menang 2-0 Atas Kamboja, Timnas Indonesia U-19 Menatap Semifinal

Selada air berada di peringkat satu dalam daftar Powerhouse Fruits and Vegetables dari Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat.

Kandungan selada air dalam satu cangkir atau 34 gram selada air, adalah sebagai berikut:

  • Kalori: 4
  • Karbohidrat: 0,4 gram
  • Protein: 0,8 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Serat: 0,2 gram
  • Vitamin A: 22% dari Asupan Referensi Diet atau Dietary Reference Intake (RDI)
  • Vitamin C: 24% dari RDI
  • Vitamin K: 106% dari RDI
  • Kalsium: 4% dari RDI
  • Mangan: 4% dari RDI
  1. Meningkatkan Imunitas

Selada air juga bisa meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh karena mengandung 15 mg vitamin C per cangkir (34 gram). Kandungan ini merupakan 20% dari RDI untuk wanita dan 17% untuk pria.

Vitamin C dikenal sebagai nutrisi yang bermanfaat bagi kekebalan tubuh hingga mengurangi risiko infeksi, termasuk penularan virus influenza. Kekurangan vitamin juga berpengaruh pada penurunan fungsi kekebalan tubuh dan peningkatan peradangan.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis
BACA JUGA :  Jadwal Timnas Indonesia U-19 vs Filipina Hari Ini

Dalam selada air terdapat senyawa antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif yang dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Antioksidan pada selada air menurunkan risiko penyakit kronis, salah satunya adalah penyakit jantung. Selada air membantu menjaga kesehatan jantung melalui kandungan antioksidan beta karoten, zeaxanthin, dan lutein.

Kadar karotenoid yang rendah dikaitkan dengan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Maka dapat dikatakan selada air dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

  1. Mencegah Jenis Kanker Tertentu

Selada air mengandung fitokimia yang tinggi, sehingga bisa mengurangi risiko terkena jenis kanker tertentu, seperti usus besar, paru-paru, prostat, dan kulit.

======================================
======================================
======================================