BOGOR TODAY – Pemkot Bogor menggelar Fo­rum Discussion Group (FGD) yang digagas Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Bo­gor, kemarin. FGD digelar untuk mendapatkan model pengembangan kepegawaian yang lebih profesional. FGD digelar di Ruang Rapat Sekda, Jalan Juanda 10 Bogor.

Dalam sambutan, Sekda Kota Bogor, Ade Sar­ip Hidayat, mengatakan bahwa diskusi ini bertu­juan untuk mendapatkan mendapatkan model perencanaan dalam pengadaan dan pengemban­gan kepegawaian Pemerintah Kota (Pemkot) Bo­gor. Ade berharap agar para pegawai di lingkun­gan Pemkot Bogor lebih profesional.

Baca Juga :  Kepala Diskominfo Terpilih Jadi Ketua IKAPTK Kota Bogor

Ade berharap dari FGD mampu memberikan sebuah perbaikan. Kedepannya, Ade berharap para pegawai mampu meningkatkan profesional demi penegakan Undang-undang ASN.

Dalam kesempatan itu, Peneliti dari BKN Novi Savarianti, menjelaskan bahwa diskusi dilaksanakan dalam rangka penelitian dalam perencanaan ideal kepegawaian. Perencanaan SDM terdiri dari awal secara internal dan ekster­nal karenanya harus ada analisis dan pemetaan kepegawaian di setiap OPD.

Baca Juga :  Terlibat Kecelakaan 3 Pemotor Tewas, Sopir Melarikan Diri

“Pemetaan kebutuhan jabatan, perekrutan sesuai kualifikasi tertentu,” papar Novi.

Novi menambahkan bahwa tujuan perenca­naan PNS secara ideal harus ditunjang dengan kesiapan daerah dalam perencanaan PNS. Khu­susnya bagi Jabatan Fungsional Tertentu ( JFT) dari segi kebutuhan dan anggaran terkait tun­jangan jabatan. “Jadi daerah tidak usal mengusul kebutuhan CPNS,” kata dia.

(Yuska Apitya)