“Banjir ini setiap tahun pasti ada. Saat tanggul yang dibangun Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane jebol tahun 2013, dua kali rumah kami teren­dam. Itu juga warga yang harus menanggung semua bebannya,” tukasnya

Puncak kekecewaan warga Pe­rumahan Villa Nusa Indah terjadi pada akhir April lalu saat lingkun­gan tempat tinggal mereka diter­jang banjir yang merendam ribuan rumah. Selain banjir, faktor lain­nya adalah kondisi infrastruktur di wilayah itu yang tidak terawat.

Terpisah, Kepala Badan Per­encanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bo­gor, Syarifah Sofiah menjelaskan, Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) Kabupaten Bogor akan mengundang pengembang lama di perumahan tersebut.

BACA JUGA :  Jelang Purna Tugas, Sekda Burhanudin Titip Pesan Agar ASN Selalu Kerja Sinergi Bangun Kabupaten Bogor

“Kami sudah bahas dan akan mengundang berbagai instansi ter­masuk mengundang pengembang lamannya. Mungkin di wilayah itu juga sudah tidak ada lagi pengem­bangnya. Kami juga akan keluar­kan surat untuk melakukan rapat bersama warga,” kata Syarifah.

Ia menambahkan, dengan rapat bersama, bisa menemukan persoalan dan bagaimana meny­elesaikannya. Terutama, titik-titik penyebab banjir di perumahan tersebut. “Kami akan bahas dan cari penyebab banjir untuk pena­taan atau solusinya. Kalau perso­alannya sudah ketemu, kami akan selesaikan,” tukasnya.

BACA JUGA :  Pedagang Gorengan di Ciampea Bogor Ditemukan Tewas Gantung Diri

Menurutnya, banjir yang kerap terjadi, warga tidak bisa selalu me­nyalahkan pemerintah daerah. Karena, bisa saja, kata Ifah, banjir itu disebabkan drainase yanng ter­putus dari perumahan atau tidak terhubung ke aliran sungai.

“Makanya akan kami cari dulu sebabnya. Apakah karena drainase yang tertutup atau tidak menyam­bung ke aliran sungai,” pungkas­nya. (Rishad Noviansyah)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================