wadukNASIB pembangunan dua buah waduk di kawasan Megamendung, Puncak, kini ada di tangan DPRD Kabupaten Bogor. Pasalnya, revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) telah rampung dan tinggal di jadikan sebuah Peraturan Daerah (Perda) oleh kalangan legislatif di Bumi Tegar Beriman.

Oleh : RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Menurut Kepala Badan Perenca­naan dan Pem­bangunan Dae­rah (Bappeda) Kabupaten Bogor, Syarifah So­fiah, revisi itu sudah dikemba­likan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) dan ting­gal dimasukkan ke DPRD.

“Dari Kementerian ATR su­dah sampai lagi ke Kabupaten Bogor. Tinggal kami masukkan ke dewan. Nanti kami ekspose dulu ke Ibu Bupati, kemudian surat ke dewan ditandangani Ibu Bupati, baru disampaikan dewan,” kata Syarifah, Minggu (22/5/2016).

BACA JUGA :  Tak Sampai 1 Jam, Pasar Murah di Taman Kencana Habis Terbeli

Syarifah berharap di DPRD tidak lagi memerlukan waktu lama. Pasalnya, sebelum dire­visi, RTRW ini sudah lebih dulu digodok lewat panitia khusus (pansus) yang memakan waktu cukup lama baru kemudian dia­jukan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Kami sih berharap dewan bisa langsung memparipurnakan­nya. Karena kan awalnya memang dibahas dulu sama dewan lewat pansus, kemudian ke provinsi, lalu ke Kementerian ATR, lalu ke Badan Koordinasi Penataan Ru­ang Nasional (BKPRN) baru balik ke kita,” tukasnya.

BACA JUGA :  Jadi Ujung Tombak Jaga Lingkungan, Dedie Rachim Ajak RW se-Kota Bogor Gali Potensi Wisata Wilayah

Menurut Syarifah, jika revisi RTRW disetujui oleh DPRD Ka­bupaten Bogor, salah satu mega­proyek pembangunan waduk Cipayung dan Sukamahi di Ke­camaten Megamendung bisa direalisasikan dan lahannya bisa dibebaskan.

Proyek yang diperkirakan memakan anggaran hingga Rp 3,1 triliun itu, telah memiliki Detail Enginering Design (DED). Namun Kementerian Peker­jaan Umum (Kemen PU) masih menunggu revisi RTRW.

============================================================
============================================================
============================================================