Pudji kembali mengimbau pada pen­gendara agar menggunakan sistem pem­bayaran e-ticketing dan kartu agar lebih cepat. Pemerintah terus berkoordinasi den­gan pihak bank agar semua terlaksana. “Jadi punya kartu ATM jadi tinggal tempel saja. Jadi kalau tidak bisa baru ya pake cash. Jadi pakai kartu apapun bisa diakses dan baru rencana sesuai harapan pak menteri. Nah akan dicoba utk lebaran nanti. Kalau me­mang bisa di setiap tol gate nanti ada alat­nya itu dan akan disosialisasikan,” paparnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ta­hun ini truk dilarang beroperasi menjelang Lebaran. Truk dilarang beroperasi pada H-5 sampai H-1 Lebaran dan H+2 sampai H+3 Lebaran. “Memberlakukan pelarangan/pembatasan operasi mobil barang lebih dari 2 sumbu yaitu pada (H-5 s/d H-1) dan (H+2 s/d H+3) kecuali pada (H s/d H+1) dapat/bo­leh operasi,” kata Pudji.

Peraturan lainnya yakni menutup jem­batan timbang untuk dijadikan tempat isti­rahat bagi pemudik pada H-7 sampai H+7. Kemenhub bersama Kemenkes juga akan melakukan inspeksi angkutan umum terma­suk ke pengemudi.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Lansia Terlungkap Gegerkan Warga Kota Padang

Untuk transportasi kereta api, Kemen­hub menyediakan mudik gratis motor den­gan kereta api. Sedangkan transportasi udara, Kemenhub akan melakukan publikasi melalui Notam apabila terjadi perpanjan­gan atau perubahan sementara jam operasi bandara terkait dengan jadwal penerban­gan dan menginstruksikan kepada petugas bandara agar lebih proaktif sesuai PM no­mor 185/2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Sementara untuk transportasi laut yakni Kemenhub mengoptimalkan pengoperasian kapal perintis untuk mendukung angkutan Lebaran dan menginformasikan penjualan tiket lebih awal dan pengawasan intensif terhadap jumlah tiket agar tidak melebihi kapasitas. “Keselamatan transportasi men­jadi prioritas penyelenggaraan angkutan Lebaran dengan prinsip selamat di asal, se­lamat di perjalanan dan selamat di tujuan,” ujar Cucu.

Pemotor Wajib Istirahat 15 Menit

Selain itu, pemerintah juga akan beru­paya untuk mengurangi pengunaan motor saat mudik Lebaran. Cara yang paling efektif ditempuh saat ini adalah menyediakan pro­gram mudik gratis bagi para pemotor. Ang­garan sudah disiapkan, Rp 20 miliar. “Sepeda motornya enak, tadinya nggak mau jadi naik di truk, dibungkus lagi lalu dinaikkan kereta api lagi enak kan,” terangnya.

BACA JUGA :  Rendah Fluktosa, 4 Makanan ini Baik untuk Penderita Diabetes

Pihak kepolisian akan mewajibkan pemudik dengan motor istirahat 15 menit sebelum melanjutkan perjalanan. Langkah ini dilakukan guna menghindari kecelakaan pemotor saat mudik. Ribuan orang diketahui masih menggunakan motor untuk mudik.

“Sepeda motor diwajibkan berhenti, karena apa? Karena sudah berjam-jam per­jalanan dari Jakarta, lalu seperempat jam boleh melanjutkan,” jelas akorlantas Polri Irjen Agung Budi, di Kemenhub saat jumpa pers, Jumat (27/5/2016).

Agung menegaskan, di jalur Pantura yang akan dilalui ribuan pemotor, pihak ke­polisian sudah menyiapkan antisipasi. “Di­siapkan 10 check point,” imbuh dia.

Langkah ini dilakukan guna menghindari kecelakaan saat musim mudik. “Target uta­ma itu operasi “zero accident”, termasuk ka­pal laut, udara, dan kereta api. Organda ha­rus proaktif lebih awal mengecek kelayakan awal. Polri dan Dishub akan sidak untuk mengantisipasi sidak tersebut,” tutup dia

(Yuska Apitya Aji)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================