ekbisJAKARTA, TODAY—Badan Pusat Statistik (BPS) mengingatkan potensi kenaikan harga pangan khususnya minyak goreng dan gula pasir. Kenaikan dua bahan pokok ini dipicu banyaknya industri ruma­han yang memproduksi kue untuk Lebaran.

“Yang patut diwaspadai minyak goreng kemudian gula pasir yang sudah persiapan untuk bikin kue-kue,” kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo di Kementerian Koordinator Perekonomian, Ja­karta Pusat, Selasa (31/5/2016).

Menurutnya kenaikan dua bahan pokok tersebut tidak ter­lalu signifikan. Meskipun tidak terlalu besar, kenaikan harga min­yak goreng dan gula pasir masih perlu tetap diwaspadai. “Nggak terlalu ngerek (naik), standar saja. tidak terlalu ngerek juga tapi me­mang ada,” tutur Sasmito.

BACA JUGA :  Simak Ini, Makanan Vegetarian yang Bisa Jadi Pengganti Asupan Ikan

Sedangkan beras mengalami penurunan harga lantaran baru memasuki musim panen di ber­bagai daerah. Karena masih ban­yak tersedia di pasar, harga beras masih belum menyentuh harga normal. “Beras masih turun, kan kemarin musim panen ya. Musim panennya di bulan April sampai ke Mei masih kena,” imbuh Sasmito.

BPS menjamin gejolak beber­apa harga pangan di pasar bulan Mei ini masih aman. “Kita harap­kan aman. Ada beberapa yang naik beberapa yang turun, nggak tahu nanti di Juni,” tutup Sasmito.

BACA JUGA :  Benarkah Sakit Kepala Bisa Sembuh dengan Minum Teh? Simak Ini

BPS mencatat penurunan har­ga beras pada Mei 2016 diband­ingkan bulan sebelumnya. Seir­ing masa panen raya yang masih berlangsung sejak bulan lalu. Hal yang sama juga berlaku terhadap cabai yang mengalami penurunan dibandingkan dengan bulan sebel­umnya. Sementara bawang merah dan daging ayam naik.

Diperkirakan pada Mei 2015, akan terjadi inflasi yang tidak ter­lalu besar. Menurut Sasmito, hal tersebut cukup biasa menjelang masuknya bulan Ramadhan. “In­flasi Mei agak relatif aman, tidak besar. Kalau pun inflasi tidak besar lah,” papar Sasmito.

Bawang Terkontrol

============================================================
============================================================
============================================================