JAKARTA, TODAY–Sehari menjelang puasa, harga beberapa bahan pokok di sejumlah pas­ar tradisional di Jabodetabek, terpantau stabil. Namun harga beberapa bahan makanan ini telah mengalami kenaikan sekitar satu minggu sebelum Ramadhan.

Pantauan BOGOR TODAY, harga tomat, cabai merah be­sar, cabai merah keriting, asam jeruk terbilang stabil. “Harga cabai (merah keriting) seka­rang lagi stabil. Sampai puasa stabil kalau harga cabai,” kata Mardiono(45), salah satu peda­gang sembako di Pasar Anyar Bogor, Minggu (5/6/2016).

Sementara itu, untuk harga bahan makanan lainnya sep­erti bawang putih, cabai rawit hijau dan cabai rawit merah mengalami penurunan dari satu minggu sebelumnya. “Bawang putih turun sudah seminggu. Sebelumnya bisa Rp 29.000, Rp 33.000, Rp 34.000. Harga turun atau naik itu tergantung importir. Kan ini dari Cina,” tambahnya.

Baca Juga :  Beracun dan Kadaluwarsa, Ribuan Kosmetik Ilegal Ditemukan di Sumsel

Operasi Pasar

Pemerintah tengah gen­car untuk menstabilkan harga pangan, khususnya menjelang puasa, saat puasa, hingga Leb­aran nanti. Untuk itu, Kemen­terian Pertanian (Kementan) meminta kepada pihak-pihak terkait untuk melakukan Op­erasi Pasar (OP) secara besar-besaran hingga H+6 Lebaran. Bahkan, hingga mencapai De­sember 2016. “Alhamdulillah kami terimakasih, ada banyak pihak yang OP atau pasar mu­rah. Dalam 2 minggu terakhir ini saya kunjungi beberapa perusahaan seperti Bimoli, Filma, Charoon Phokpan, Ar­tha Graha, kami minta operasi pasar secara besar-besaran. Saya minta OP dilakukan tidak hanya sampai H+6 Lebaran tapi sampai Desember,” ujar Mentan Amran saat menin­jau pasar murah di Lapangan Blok S, Jakarta Selatan, Minggu (5/6/2016).