Untitled-17KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) optimistis dapat mengatasi tiga hambatan utama dalam program penyediaan perumahan bagi masyarakat dan pegawai negeri sipil (PNS).

Oleh : Winda Herviana
[email protected]

Direktur Jenderal Penyediaan Pe­rumahan, Sya­rif Burhanuddin mengatakan, meli­hat kerjasama antarkemente­rian dan lembaga dalam men­dukung program perumahan, ia optimistis dapat mengatasi tiga masalah utama yang men­dasar yakni, keterbatasan dana, pertanahan, dan periz­inan, Senin (20/6/2016).

Terkait keterbatasan dana, Syarif menjelaskan, setidakn­ya dana dari APBN dan Baper­tarum PNS yang dialokasikan untuk program perumahan sudah cukup besar. Dan da­na-dana Bapertarum PNS se­harusnya bisa lebih dikem­bangkan lagi, mengingat PNS juga menjadi target penyedi­aan perumahan.

Mengenai tanah untuk lokasi pembangunan rumah, imbuh Syarif, saat ini Kemen­terian Keuangan telah menye­diakan tanah-tanahnya untuk lokasi pembangunan peru­mahan. Hal itu tentunya juga harus bisa dicontoh oleh ke­menterian/lembaga lain serta pemerintah daerah, karena banyak juga tanah-tanah milik mereka yang belum dibangun untuk perumahan.