hal-tak-mengenakan-saat-PMSKanker ovarium adalah jenis kanker yang dimulai di ovarium. Orang biasanya memiliki dua ovarium, satu di setiap sisi rahim. Ovarium, masing-masing seukuran almond, menghasilkan telur (ovum) serta hormon estrogen, progesteron, dan testosteron.

Oleh : Calviano Nathanael
[email protected]

Kanker ovarium sering tidak ter­deteksi sampai telah menyebar ke dalam panggul dan perut. Pada tahap akhir ini, kanker ovarium sulit untuk diobati dan sering sudah menjadi fatal.

Hingga saat ini, para peneliti sedang mempelajari cara-cara untuk mening­katkan pengobatan kanker ovarium dan mencari cara untuk mendeteksi kanker ovarium pada tahap awal, sehingga ke­sempatan penyembuhannya menjadi lebih besar.

Sampai saat ini, penyebab kanker ovarium masih belum jelas. Secara umum, kanker dimulai ketika sel-sel sehat mengalami mutasi genetik yang mengubah sel normal menjadi sel ab­normal.

BACA JUGA :  Obati Sakit Pinggang dengan 5 Air Rebusan Ini, Musah Dibuat

Sel-sel sehat tumbuh dan berkem­bang biak tapi kemudian mati pada waktunya. Sementara itu, sel-sel kanker tumbuh dan berkembang biak di luar kendali, dan mereka tidak mati seperti seharusnya.

Kemudian, sel-sel abnormal teraku­mulasi, membentuk suatu massa (tu­mor). Sel kanker menginvasi jaringan sekitarnya dan dapat terputus dari tu­mor awal untuk kemudian menyebar ke tempat lain di tubuh (bermetastasis).

Seringkali, gejala kanker ovarium ti­dak spesifik dan sering meniru gejala penyakit lain, termasuk masalah pencernaan. Tanda dan gejala kanker ovarium dapat mencakup perut seperti tertekan, penuh, bengkak atau kembung, ketidaknya­manan atau nyeri panggul, gangguan pencernaan, perut bergas, atau mual. Ada juga gejala perubahan kebiasaan buang air besar, seperti sembelit, pe­rubahan kebiasaan kandung kemih, termasuk kebutuhan sering buang air kecil, kehilangan nafsu makan atau cepat merasa kenyang, pening­katan ukuran lingkar perut, kurang energi dan nyeri punggung bawah.

BACA JUGA :  Enak dan Menyehatkan Tubuh, Ini Dia 5 Manfaat Konsumsi Sarang Burung Walet

Jenis sel di mana kanker dimulai menentukan jenis kanker ovarium yang Anda miliki. Jenis kanker ovar­ium meliputi kanker yang dimulai dari sel-sel di bagian luar ovarium disebut tumor epitel. Kanker ini dimulai pada lapisan tipis jaringan yang menutupi ba­gian luar ovarium. Sebagian besar kank­er ovarium adalah tumor epitel.

Kanker yang dimulai dari sel yang memproduksi telur disebut tumor sel benih. Jenis kanker ini cenderung ter­jadi pada wanita yang lebih muda.

Kanker yang dimulai di sel penghasil hormon disebut tumor stroma, dimulai pada jar­ingan ovarium yang memproduksi hormon estrogen, progesteron dan testosteron.Jenis kanker ovarium yang Anda miliki akan membantu menentukan prognosis dan opsi pengobatan.

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================