Saat ini Pak Mulyadi berusia 74 tahun, termasuk kriteria lansia madya dalam istilah ilmu Gerontologi. Menjadi lansia merupakan proses alamiah yang dialami oleh semua orang dalam kehidupannya, yang ditandai dengan menurunnya fungsi-fungsi fisik maupun mental secara perlahan namun pasti.

Fungsi kognitif yang paling mudah untuk diamati. Seseorang menjadi mudah lupa dimana meletakkan barang, lupa nama temannya, dan sebagainya. Namun efek penuaan secara alamiah tersebut dapat diatasi/dicegah, apabila setiap orang mempraktekkan Active Ageing, suatu aktivitas sehari-hari yang mengacu kepada 7 (tujuh) demensi: 1) fisik, 2) sosial, 3) intelektual, 4) vocasional, 5) emosional, 6) lingkungan, dan 7)
ekonomi.

Pak Mulyadi rupanya sosok yang mempraktekkan active ageing dalam kehidupan sehari-harinya, terutama demensi intelektual, emosional, dan sosial, berkat jiwa seninya yang tidak luntur oleh faktor usia. Dimensi intelektual dilakukan dengan tetap mempelajari hal-hal baru, misalnya penggunaan sarana komunikasi.

Dimensi emosional dilakukan dengan menciptakan kreasi yang menghasilkan keindahan, sedangkan dimensi social dilakukan dengan aktivitas membaur bersama peer group maupun antar generasi.

Kemampuan beradaptasi dengan kemajuan jaman yang mengusung peradadan baru dengan adanya kemajuan IT membuat beliau terampil berkreasi dengan gadget, menggunakan berbagai aplikasi untuk menciptakan karya indah yang dalam hitungan menit langsung dapat dinikmati banyak orang dalam WAG.

Hal ini adalah contoh yang baik. Perubahan bukan untuk ditolak atau dihindari, melainkan sesuatu yang mesti diterima apa adanya dan diikuti. Tidak berhenti pada aktivitas itu, Pak Mulyadi juga berkenan berkenan bergabung dalam WAG kami. Kelenturan pribadinya untuk membaur bersama sebagai teman adalah sikap yang patut diapresiasi.

Hal ini merupakan bentuk inter generasi antara pra-lansia dengan lansia. Semua orang akan menjadi tua karena faktor usia, namun tetap berjiwa muda adalah sebuah pilihan. Tetap beraktivitas dengan menjalani hobby, berelasi dengan semua orang, berolah raga yang cukup, berpikir positif dan mengatur pola makan adalah cara-cara yang dianjurkan untuk mencapai usia panjang dengan tetap sehat dan bahagia.

Salam hormat, Pak Mulyadi. Saya Tri Suratmi, Menteri Sekretaris Negera Republik Sanjaya 1977. Bogor, 28 Desember 2018. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================