Dalam beberapa tahun terakhir, lapangan usaha perdagangan, baik besar maupun eceran, reparasi mobil, dan sepeda motor masih menjadi leading sector bagi penyerapan tenaga kerja. Lapangan usaha ini mampu menyerap tenaga kerja sebesar 25,1 persen. Industri pengolahan mampu menyerap 18,98 persen, disusul oleh jasa penyediaan akomodasi dan makan minum sebesar 9,56 persen. Sedangkan lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan hanya mampu menyerap tenaga kerja sebesar 8,63 persen. Lapangan usaha dengan penyerapan tenaga kerja paling sedikit adalah pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah, dan daur ulang 0,19 persen.

Penyerapan tenaga kerja berkaitan dengan keberlangsungan perusahaan. Suatu perusahaan perlu memperhatikan besarnya biaya produksi yang harus dikeluarkan, salah satunya adalah balas jasa tenaga kerja. Dari tahun ke tahun, Upah Minimum Kabupaten Bogor (UMK) terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2018, UMK Kabupaten Bogor menembus angka 3,4 juta rupiah atau meningkat 8,71 persen dibanding tahun 2017. Besarnya kenaikan UMK harus dibarengi dengan kemampuan perusahaan dalam berproduksi dan menghasilkan keuntungan. Jangan sampai dengan kenaikan ini, membuat perusahaan hengkang dari Kabupaten Bogor, pindah ke Kabupaten/Kota lain dengan UMK yang lebih kecil atau malah membuat perusahaan tutup sehingga banyak tenaga kerja yang di PHK.

BACA JUGA :  Gulai Nangka Muda Bumbu Kuning, Menu Makan Lezat dengan Aroma Menggugah Selera

Keterlibatan pemerintah sebagai penengah antara pengusaha dan tenaga kerja dalam memberikan regulasi yang tepat sehingga dapat mendatangkan keuntungan bagi kedua belah pihak. Selain keterlibatan pemerintah dalam mengatasi pengangguran, setiap individu lulusan pendidikan juga perlu merubah pola pikir agar menjauhkan diri dari keputusasaan bila belum mendapatkan pekerjaan. Dimulai dengan pemikiran untuk menciptakan lapangan kerja sendiri, memanfaatkan kemampuan yang dimiliki, semangat pantang menyerah, siap bersaing dengan sehat didunia kerja, dan mengikuti perkembangan teknologi. Semua dapat dipasarkan dengan online. Berbagai macam situs belanja, memungkinkan membuka usaha dengan modal yang minim tetapi jaringan pemasaran yang luas.

BACA JUGA :  Turunkan Kolesterol dan Gula Darah Tinggi dengan Rebusan Daun Salam, Ini Dia Caranya

Dengan adanya pekerjaan dapat mencapai kehidupan yang lebih layak, berfikir kreatif, mengurangi tingkat kemiskinan, meningkatkan status sosial, mengurangi tingkat kejahatan, dan membuat hidup lebih bahagia. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================