Selain itu, Richard mengatakan bahwa obat golongan tertentu seperti duloxetine yang merupakan golongan SNRI (Serotonin-norepinephrine Reuptake Inhibitor) juga bisa meredakan rasa nyeri yang memiliki hubungan erat dengan gangguan depresi dan kecemasan.

“Depresi ini salah satu gejalanya adalah timbul rasa nyeri, dan obat jenis duloxetine juga bisa mengatasi itu secara keseluruhan,” tutur Richard yang ditemui di peluncuran Duloxta, Jumat (22/11).

BACA JUGA :  Kecelakaan Sopir Mercy di Medan Tabrak 2 Pengendara Motor-Mobil, Diduga Mabuk

Obat antidepresan memang terbukti efektif membantu memperbaiki keadaan mental pasien, namun konsumsi obat antidepresan saja juga tidak cukup untuk menyembuhkan depresi. Obat harus diberikan seiring dengan terapi.

Obat antidepresan sendiri juga bukan jenis pengobatan yang akan memperlihatkan kemajuan secara instan. Butuh waktu sekitar 2 hingga 4 minggu bagi obat ini untuk meredakan depresi yang dirasakan pasien.

Selain itu, pengobatan ini juga membutuhkan waktu yang lama yaitu minimal 6 bulan. Jika kondisi pasien sudah membaik, barulah dokter akan menurunkan dosisnya secara bertahap.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Remaja yang Hilang Tenggelam di Sungai Sekampung Lampung Timur

“Pada keadaan yang sangat sulit, yang bahkan tidak bisa diobati oleh antidepresan, maka akan diambil tindakan selanjutnya yaitu terapi kejut atau Electroconvulsive Therapy (ECT),” tutup Richard. Seperti dikutip  CNN Indonesia  (Anata/PKL/net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================