Oleh : Heru B Setyawan (Guru SMA Pesat School Of Talent)

Pulang kampung atau mudik memang tradisi masyarakat Indonesia yang luar biasa, tidak ada di negara lain. Mudik juga dilakukan oleh masyarakat non muslim, ini menggambarkan betapa dahsyatnya budaya mudik di Indonesia.

Baca Juga : PROKES DAN PROTOKOL KEAGAMAAN UNTUK MELAWAN COVID 19

Perjuangan seorang untuk mudik luar biasa juga, setahun menabung dari bekerja atau usaha untuk beaya mudik, jika perlu ngutang sana-sini. Lo kan dapat THR, THRnya habis bro untuk beli baju, kue lebaran, angpau saudara dan orang tua serta menutup kenaikan tiket yang mencapai 50 %. Pokoknya saking top markotopnya mudik ini, karena rasa kangen yang memuncak untuk bertemu saudara di kampung, segala daya dan upaya dilakukan.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Tumis Buncis dan Wortel yang Renyah dan Sedap

Dan untuk kalangan jet set, mudik dipakai sebagai sarana pamer kemewahan, mobil mewah, barang mewah, perhiasan berlian, gaya hidup mewah baik makanan maupun minuman dan pamer pangkat, kedudukan serta status sosial.

Tapi karena adanya Covid-19 dan adanya larangan mudik dari pemerintah, keinginan masyarakat Indonesia untuk mudik jadi ambyar.

Baca Juga : PUASA RAMADHAN SEBAGAI OLIMPIADENYA MUSLIM

Larangan mudik 2021 diterbitkan oleh pemerintah untuk mengantisipasi dan memutus rantai penularan Covid-19. Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, menuturkan aturan ini diterbitkan karena hasil survei itu memperlihatkan masih ada sejumlah masyarakat yang tetap mudik sebelum dan sesudah larangan mudik.

BACA JUGA :  Goguma Latte with Jelly, Minuman Segar yang Legit dan Creamy

Ok jangan sedih bro, tidak jadi mudik, semua takdir Allah itu ada hikmahnya. Apa hikmahnya? Bukankah kampung halaman kita di dunia itu hanya sementara, kampung asli kita itu ya kampung akhirat yaitu surga. Bukankah nenek moyang kita Nabi Adam, kampung halamannya di surga! Beliau dan Siti Hawa melanggar aturan dari Allah, lalu diturunkan ke dunia.

============================================================
============================================================
============================================================