BOGOR TODAY – Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor menyalurkan Zakat Perusahaan Tahun Buku 2020 melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bogor sebesar Rp 1.027.417.700.

Zakat yang disalurkan Perumda Tirta Pakuan itu diserahkan dalam dua termin, yakni bulan Juli sebesar Rp 513.708.850 dan rencananya Agustus dengan nilai yang sama.

Baca Juga : Waspada! Covid Varian Delta Mengintai, Anak-anak Lebih Baik di Rumah Saja 

Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira mengatakan, Perumda Tirta Pakuan pada 2020 mencatatkan Laba Bersih sebesar Rp 41.096.707.908,74, sehingga sesuai ketentuan 2,5% -nya sebesar Rp 1.027.417.700 menjadi Zakat Perusahaan.

“Alhamdulillah pada tahun ini Tirta Pakuan kembali menunaikan Zakat Perusahaan yang disalurkan melalui BAZNAS Kota Bogor, sebagai kewajiban muslim kepada mustahik. Zakat ini pada hakekatnya berasal dari umat dan dikembalikan lagi kepada umat,” ujar Rino usai menyerahkan zakat perusahaan kepada Ketua Baznas, KH Chotib Malik di ruang kerjanya, Jumat (16/7/2021).

Baca Juga :  Ulah Corona, 25 Ribu Warung Tegal di Jabodetabek Gulung Tikar

Ia berharap BAZNAS bisa mengelola dana zakat ini secara profesional dengan menitikberatkan penyalurannya pada penanganan Covid-19. Tidak hanya diimplementasikan pada program yang selama ini berjalan, seperti pengelolaan Klinik Dhuafa yang beroperasi di area kantor Perumda Tirta Pakuan.

Baca Juga : Jadi Ketua Pemulasaraan Jenazah Covid-19, Dirut Tirta Pakuan Latih Relawan 

“Jadi implementasinya bukan hanya berbentuk charity, tapi capacity building, yaitu dalam bentuk membangun masyarakat yang terdampak Covid-19. Kedua, BAZNAS Kota Bogor bisa membantu memperbaiki fasilitas-fasilitas masjid dan mushola. Ketiga, bantuan kepada pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19,” tegas Rino.

Sementara itu, Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor H. Hendra Setiawan mengucapkan terima kasih kepada Direksi Tirta Pakuan yang telah menunaikan Zakat Perusahaan.

“Mudah-mudahan Zakat Perusahaan ini bisa membawa keberkahan kepada perusahaan dalam melayani kebutuhan air bersih kepada masyarakat Kota Bogor,” ujar Hendra yang juga Manager Satuan Pengawasan Intern Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor.

Baca Juga :  Dewan Guru Besar UI Anggap Statuta UI Cacat Formil

Ditempat yang sama, Ketua BAZNAS Kota Bogor K.H Chotib Malik menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Perumda Tirta Pakuan yang secara rutin menyalurkan Zakat Perusahannya melalui BAZNAS Kota Bogor.

Baca Juga : Perbaikan Pipa di Pulo Empang Terus Dikebut, Pelanggan Disarankan Tampung Air

“Kami memahami apa yang diharapkan Perumda Tirta Pakuan dalam pengelolaan Zakat Perusahaan ini. Insya Allah kami kelola dengan baik untuk kepentingan penanganan Covid-19 di Kota Bogor,” kata Chotib.

Dalam penyerahan ini juga turut dihadiri Direktur Umum Perumda Tirta Pakuan Rivelino Rizky dan Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Kota Bogor Rusli Saimun. Kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. (*/Hery)