BOGOR-TODAY.COM, MAGELANG – Pemuda asal Magelang  Jawa Tengah, Muhammad Fauzan (28) mendapat perhatian dari sejumlah media Arab. Hal itu setelah Fauzan tiba di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji. Tak seperti jemaah haji asal Indonesia umumnya, Fauzan menunaikan ibadah haji dengan mengayuh sepeda.

Al-Khaleej adalah Salah satu media Arab yang menyorot kisah Fauzan dalam artikelnya berbahasa Arab dengan judul “Mengayuh Sepeda Sejauh 8.000 km untuk Menunaikan Haji” yang tayang pada 8 Juni 2022.

Dalam artikelnya, Al-Khaleej menuliskan bahwa Fauzan telah menghabiskan waktu 7,5 bulan perjalanan dari Indonesia ke Mekkah. Fauzan menceritkan tantangannya saat mengayuh sepeda melintasi berbagai negara.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat ODGJ Pria di Halaman Masjid Caringin

Menurutnya, perubahan cuaca menyulitkannya selama perjalanan. Sebab, ia harus melewati negara dengan suhu yang sangat panas. Selain faktor cuaca, Fauzan menyebut kerusakan sepeda juga kerap menghambat perjalanan.

Dalam artikel itu juga disebutkan, Fauzi mulanya berencana untuk pergi ke Mekkah menggunakan motor. Namun, rencana tersebut urung dilakukan karena alasan keamanan dan mempertimbangkan kemudahan akses memasuki negara-negara yang akan dilewati.

Selain Al-Khaleej, sebuah acara televisi lokal berjudul “Sayyidati” juga mewawancarai Fauzan secara langsung. Saat diwawancara, Fauzan mengaku sedang berada di KJRI Jeddah. Kepada pemandu acara “Sayyidati”, Fauzan mengatakan bahwa dirinya memulai perjalanan ke Arab Saudi sejak November 2021.

BACA JUGA :  4 Bahan Sederhana Bisa Bikin Cemilan Enak, Ini Dia Cara Membuat Jasuke di Rumah

“Perjalanan saya dimulai dari Magelang, daerah asal saya. Kemudian saya melanjutkan ke Jakarta, Sumatera, dan Batam,” kata Fauzan. Dari Batam, Fauzan kemudian naik kapal menuju Singapura. Menurutnya, ia juga sempat mengayuh sepeda melewati Malaysia dan Thailand.

============================================================
============================================================
============================================================