Namun, ia tidak mendapatkan izin untuk masuk ke Myanmar dan India, sehingga harus melanjutkan perjalanan dengan pesawat menuju Riyadh.

“Di perbatasan Thailand, sebenarnya akan melanjutkan perjalanan ke Myanmar dan India, tapi dilarang. Akhirnya, saya naik pesawat ke Riyadh,” jelas Fauzan. Dari Riyadh, ia kemudian kembali mengayuh sepedanya menuju Jeddah.

Pada November 2021, Saat itu, Fauzan berencana mengayuh sepeda melewati jalur utara dari Indonesia ke Singapura, Malaysia, Thailand, Myanmar, lalu ke India, Pakistan, Iran, dan berakhir di Arab Saudi.

BACA JUGA :  Hari Kesiapsiagaan Bencana Momentum Bangkitkan Kesadaran Masyarakat Agar Siaga

Meski demikian, ia mengaku tak ada persiapan khusus untuk menempuh perjalanan ke “Barat” ini. Fauzan hanya menyiapkan bekal hingga paspor, visa, termasuk kartu vaksin Covid-19 mengingat situasi dunia masih dilanda pandemi.

Keputusannya untuk mengayuh sepeda ke Mekkah ini dilandasi atas keinginan kuatnya untuk menunaikan rukun Islam kelima. “Saya malu kalau perjalanan jauh tapi bukan untuk Allah,” kata Fauzan.

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut di Klaten, Toyota Etios Tertabrak KA Argo Wilis

Namun, ia tak memasang target untuk sampai di Mekkah tepat waktu. Jika molor, ia akan menunaikan ibadah umroh. Selain untuk berhaji, Fauzan juga berniat untuk menimbah ilmu di Arab Saudi. –(Net).

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================