“Aktivitas disini tidak ada pengolahan apapun, dan pembuangan kotoran pun kami pastikan tidak dialirkan ke drainase, karena disini sudah ada tempat pembuangannya,” ujar Fikri sambil menunjukan septictank atau tempat pembuangan.

Sementara itu, HRD Hotel Amaroossa, Tantya Wulandari membantah jika bau tak sedap tersebut berasal dari tempatnya bekerja. Kata dia, Hotel Amaroossa sendiri tidak pernah membuang limbah ke sungai. Karena limbah cair, atau limbah dari hotel telah melalui proses sistem treatment plant (Pengolahan limbah, atau pengolahan air limbah domestik, red).

“Jadi, limbah tersebut sudah disaring dengan menggunakan bakteri dan sudah ada izinnya dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Baru di buang ke saluran air. Namun, bentuknya itu cair dan itu bukan limbah yang berbau. Jadi, limbah dari Amaroossa sudah berbentuk air dan hanya kita pakai untuk menyiram tanaman,” katanya.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Selasa 30 April 2024

Terkait pembuangan sampah, menurutnya sudah ada tempatnya terpisah, yaitu sampah kering dan sampah basah dan ini diambil setiap hari oleh pihak DLH langsung.

“Sudah sesuai prosedur untuk pengelolaan limbah dan sampah di hotel Amaroossa. Keluhan dari warga yang sering menimbulkan bau tak sedap itu bukan dari kita (hotel Amaroossa,red),” tegasnya.

Dan sementara itu, untuk restoran siap saji KFC melalui General Manager, Ira Sinuraya juga membantah, bau tak sedap itu berasal dari pihaknya. Karena menurutnya, KFC tidak pernah membuang limbah ke saluran air.

BACA JUGA :  15 Kali Guguran Lava Diluncurkan Gunung Merapi, BPPTKG: Jarak Luncur Sejauh 1.800 Meter

“Kita punya penampungan sendiri (tangki,red) kalau untuk limbah yang di sedot setiap bulannya. Kalau permasalahan yang menimbulkan bau, kata dia, saluran drainase air ini kan menyatu dari atas ya,” ucapnya sambil menunjukan tempat usaha lain di sekitarnya.

“Kalau mereka ada keluhan harus bersurat terlebih dahulu ke kami. Nanti kamu sampaikan ke pusat terkait masalah ini,” tukasnya. (B. Supriyadi).

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================