Jika memiliki berat badan berlebih, usahakanlah untuk mengurangi berat badan, karena hal ini merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko terjadinya refluks asam lambung. Menghindari stres, rokok, dan minuman beralkohol juga dapat mencegah munculnya panas dalam terkait refluks asam lambung.

  1. Minum air putih

Air putih akan membantu melembapkan tenggorokan dan mencegah terjadinya dehidrasi. Hindari minuman berkafein dan beralkohol yang dapat membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi. Anda juga dapat minum air hangat dicampur madu untuk membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman.

  1. Beristirahat dengan cukup dan menghindari paparan asap

Pastikan Anda beristirahat dengan cukup untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan kuman.

BACA JUGA :  Selalu Ingin BAB Setelah Minum Kopi? Ini Dia Penyebabnya

Hindari pula paparan asap, seperti asap rokok dan asap kendaraan, yang dapat memperparah rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Jika terpaksa harus berada di tempat yang banyak asap, gunakan masker untuk melindungi saluran pernapasan Anda.

  1. Mengonsumsi makanan yang membuat tenggorokan Anda nyaman

Agar tenggorokan nyaman, konsumsilah sup hangat dan es krim. Selain itu, buah manggis, teh hijau, dan semangka juga dipercaya dapat membantu meredakan gejala panas dalam.

  1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan campuran air hangat dan garam dapat membantu meredakan gejala panas dalam. Campuran ini bisa dibuat dengan melarutkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

  1. Menggunakan obat herbal
BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Sabtu 4 Mei 2024

Beberapa obat herbal dikenal bermanfaat untuk melegakan tenggorokan dan umumnya telah dikemas dalam bentuk permen atau jamu. Namun, penelitian medis masih sangat terbatas untuk menjelaskan kerja dari obat-obatan herbal.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan obat herbal/alternatif.

Anda dapat menerapkan cara-cara di atas untuk meredakan keluhan panas dalam. Namun jika gejala tidak juga membaik, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, agar dapat diberikan penanganan yang tepat.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================