Dosen Mengabdi
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB melakukan kegiatan Dosen Mengabdi untuk sekolah-sekolah di lingkar kampus dengan subtema Literasi Perubahan Iklim dan Kebencanaan di Era Industri 4.0. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB melakukan kegiatan Dosen Mengabdi untuk sekolah-sekolah di lingkar kampus dengan subtema Literasi Perubahan Iklim dan Kebencanaan di Era Industri 4.0.

Kepala Pusat Studi Bencana LPPM IPB, Dr. Doni Yusni mengungkapkan, penanaman literasi perubahan iklim kepada anak didik sejak usia dini dipandang perlu dilakukan, agar penguatan komunitas masyarakat yang tangguh dan siap dalam menghadapi berbagai peristiwa bencana sebagai dampak dari perubahan iklim dan pemanasan global menjadi modal untuk menguatkan program serta kegiatan pemerintah maupun stakeholder terkait mitigasi dan adaptasi bencana.

Baca Juga :  Jangan Lagi Keliru! Ini Pengertian Gender dengan Jenis Kelamin

“Bencana adalah peristiwa atau serangkaian peristiwa yang menimbulkan kerugian jiwa, harta benda, dan psikologis, karena itu bagaimana memberikan pemahaman sejak dini dari rangkaian peristiwa itu menjadi keharusan untuk diberikan agar masyarakat lebih tanggap dan tangguh menghadapi dan menanganinya”, ungkap Dr. Doni, belum lama ini.

Pelajar, sambung Doni sebagai generasi muda yang akan meneruskan estafet pengelolaan bangsa dan masyarakat harus tahu, bahwa perubahan iklim dunia hingga mikro iklim telah membawa berbagai dampak bagi kehidupan di planet bumi ini.

Baca Juga :  Usai Seruduk Truk Parkir, Avanza Remuk di Jalan Pasaman Barat

“Saya berharap setelah selesai kegiatan ini nantinya, para siswa peserta akan semakin memahami dan mulai meracik ide dan gagasan untuk menghadapi, menangani, hingga menemukan strategi dan tindakan menghindari bencana,” harapnya .

Dr. Doni yang juga Staf Pengajar pada Program Studi Manajemen Industri Sekolah Vokasi IPB menjelaskan bagaimana peristiwa perubahan iklim, efek rumah kaca, hingga dampak kerugian dan perubahan iklim mempengaruhi berbagai pola interaksi masyarakat di Era Industri 4.0 saat ini.