Tuak pohon aren diiris dengan hati-hati. Orang yang akan melakukan pekerjaan itu dilengkapi dengan pisau yang ditempatkan diikat pinggang saat memanjat pohon kelapa setinggi 15 meter. Setiap hari, ia akan mengambil air tuak sebelum diolah menjadi minuman fermentasi.

Tuak kelapa kemudian disimpan dalam wadah plastik besar selama empat sampai lima hari. Setelah itu tuak akan terasa asam. Dalam proses pemurnian, ada tiga toples besar.

Setiap stoples akan menghasilkan kadar alkohol yang berbeda. Masing-masing wadah penyimpanan dapat berisi sebanyak empat hingga lima ember. Umumnya proses penyulingan dilakukan oleh perempuan, sedangkan laki-laki bertugas mengekstrak tuak dari pohon kelapa.

BACA JUGA :  PVMBG Laporkan Gunung Marapi Erupsi Malam Ini

Arak bali tidak hanya terbuat dari sari kelapa yang difermentasi. Beberapa dibuat dari beras merah yang difermentasi. Proses pembuatannya biasanya masih tradisional dan dilakukan di pedesaan.

Kandungan alkohol arak Bali

Kandungan alkohol arak bervariasi, yaitu 15-20 persen dan ada yang memiliki kandungan alkohol 40 persen. Namun, bagi penduduk lokal, arak Bali dianggap sebagai minuman tradisional dan berguna untuk pengobatan tradisional.

BACA JUGA :  Dipercaya Bisa Bikin Panjang Umur dengan 5 Gerakan Olahraga Ini

Selain meminumnya secara tradisional, kamu juga bisa menikmatinya dengan kreasi baru. Koktail arak merupakan salah satu minuman yang cukup populer di kalangan masyarakat Bali.

Kamu bisa mencampur arak bali dengan madu dan jus lemon, arak bali dengan jus jeruk, arak bali dengan gula pasir dan jeruk nipis, atau mencampur arak bali dengan cola. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================