BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Proyek pengembangan kamera digital terbesar di dunia Legacy Survey of Space and Time (LSST), akhirnya selesai. Kamera raksasa yang memiliki resolusi tertinggi di dunia sebesar 3,2 gigapiksel atau 3.200 MP itu diresmikan Oktober lalu di SLAC National Accelerator Laboratory di California.

Pada resolusi sebesar itu, kamera dapat memotret bola golf dari jarak 24 kilometer. Kamera kemudian akan dipasang di Observatorium Vera C. Rubin, 2024, puncak Cerro Pachon, Chili.

Baca Juga :  Cerita Cecep, Adik Dinar Candy yang Dikabarkan Hilang dalam Gempa Cianjur

Kamera LSST akan memotret sekitar 20 miliar galaksi selama dekade berikutnya. Setiap foto yang diambil dikumpulkan setiap malam dengan total sekitar 15 TB data.

Kumpulan foto-foto ini akan membantu para peneliti mengungkap sifat misterius materi gelap dan mempelajari bagaimana galaksi terbentuk.

“Ketika kami melihat fenomena baru, dalam waktu 60 detik setelah tombol kamera ditekan, kami bisa mengirimkan notifikasi kepada siapun yang penasaran,” kata Travis Lange, insinyur utama kamera LSST, dikutip dari Cnet (3/11/2022).

Baca Juga :  Diomeli Kakak Disuruh Cari Kerja, Pria di Medan Tikam Keponakan Karena Tak Terima

Setelah selesai bertugas selama 10 tahun, kamera LSST akan menciptakan film 3D dari potret langit bagian selatan.

Ukuran Sebesar Mobil dengan Berat 3 Ton