Sungai
Tamborasi, sungai terpendek di dunia yang berada di Tamborasi, Kolaka, Sulawesi Tenggara. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COMSungai atau bengawan merupakan aliran air yang mengalir memanjang dari hulu ke hilir secara terus-menerus. Meski begitu, tidak semua sungai punya aliran yang panjang.

Beberapa sungai di dunia bahkan diketahui panjangnya tidak sampai 100 meter. Hal tersebut membuat sungai-sungai ini termasuk sebagai kategori sungai terpendek di dunia.

Sungai-sungai yang masuk kategori terpendek di dunia ini tersebar di benua Eropa, Amerika, hingga Asia.

Melansir dari laman worldatlas.com, berikut daftar sungai terpendek di dunia yang salah satunya ada di Indonesia.

Tamborasi, Indonesia

Di urutan pertama ada Sungai Tamborasi dari Indonesia. Sungai terpendek di dunia ini berada di Tamborasi, Kolaka, Sulawesi Tenggara.

BACA JUGA :  H+1 Lebaran, Lalu Lintas ke Arah Puncak Bogor Mulai Padat

Sungai

Panjang sungai ini hanya 20 meter, dengan lebar 15 meter, dan mengalir hingga ke laut Flores di Teluk Bone. Sungai Tamborasi menjadi salah satu daya tarik wisatawan karena memiliki tepian berbatu serta suasana hutan yang asri dan sejuk.

2Reprua, Georgia

Sungai

Di urutan ketiga ada Sungai Reprua di Georgia dengan panjang 27 meter. Air mata Sungai Reprua ini berasal dari Gua Krubera yang terletak di pegunungan.

Meski termasuk sungai terpendek, Sungai Reprua memiliki kedalaman sangat curam yakni lebih dari 2.300 m dengan debit air 2.000 liter per detik. Muara aliran sungai Reprua berakhir sampai laut hitam, yang berada di Georgia sebelah timur laut, dan utara.

1Ombla, Kroasia

Berikutnya sungai terpendek di dunia ada Ombla dari Kroasia. Panjang Sungai Ombla sekitar 30 meter, dengan luas 600 kilometer persegi.