Sungai

Mata air Sungai Ombla berasal dari karst, yaitu batuan kapur berpori terbesar di Kroasia sekaligus salah satu yang terbesar di Dinarides atau Pegunungan Alpen Dinari.

Debit air Sungai Ombla 23,9 meter kubik per detik dan bermuara hingga teluk Rijeka Dubrovačka di laut Adriatic.

3Jezernica, Slovenia

Sungai

Panjang Sungai Jezernica hanya 55 meter, berasal dari Wild Lake yang merupakan danau serta mata air karst dengan sumber air di bawah tanah.

Jezernica ini salah satu dari 59 sungai di Slovenia, sekaligus anak Sungai Idrija yang lebih besar dan bermuara di Laut Adriatik.

BACA JUGA :  Hadiri Peringatan Hari Otda ke XXVIII, Pj. Bupati Bogor Komitmen Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Sungai Jezernica tercatat sebagai sungai terpendek kedua di Slovenia. Sampai saat ini debit aliran airnya sekitar 8,34 meter kubik per detik.

2Roe, Amerika Serikat

Sungai

Hulu Sungai Roe dimulai dari Giant Springs, kemudian mengairi ke Sungai Missouri dekat Great Falls, di Montana, Amerika Serikat.

Roe masuk kategori sungai terpendek di dunia karena panjangnya hanya 61 meter dengan kedalaman hingga 2,4 meter. Menurut sejarah, sungai ini sebelumnya tidak memiliki nama.

Pada 1988, sekelompok anak sekolah mengajukan petisi ke Guinness supaya sungai yang diberi nama ‘Roe’ itu masuk ke dalam daftar sungai terpendek dunia.

BACA JUGA :  Bekal Sekolah dengan Sosis Dadar Nori yang Simple dan Sederhana

1Rio de Los Patos, Republik Dominika

Sungai

Sungai yang terletak di Republik Dominika ini memiliki panjang hanya 61 meter. Sungai Los Patos mengalir sampai ke Laut Karibia, tepatnya di Pantai Barahona yang terkenal sebagai tempat tujuan berwisata.

Sebelumnya sungai terpendek di dunia ini menjadi habitat para bebek, sehingga disebut ‘Los Patos’ yang dalam bahasa Spanyol berarti bebek. Meski kawanan bebek tersebut sempat punah, sekarang ini bebek-bebek tersebut sudah mulai banyak ditempatkan kembali di Rio Los Patos sebagai cirinya. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua