6 Manfaat Madu Hitam bagi Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Madu Hitam bagi Kesehatan Tubuh

BOGOR-TODAY.COM – Tak hanya madu biasa, madu hitam pun memiliki kandungann berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan. Meski madu hitam ini memiliki rasa yang pahit.

Mengutip Jungle House, di Indonesia, warna madu bergantung pada jenis tanaman yang diserap nektarnya. Madu hitam diproduksi oleh lebah yang menyerap nektar bunga mahoni.

Lalu, apa saja manfaat madu hitam bagi kesehatan? Simak di artikel berikut.

Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatan

Berikut manfaat madu hitam bagi kesehatan tubuh.

  1. Mencegah Infeksi Bakteri

Riset yang dilakukan oleh Rumah Sakit Haji Kamino di Lampung menunjukkan bahwa madu hitam mampu menghambat pertumbuhan bakteri Pseudomonas aeruginosa. Bakteri ini sering ditemukan di tempat yang basah seperti bak mandi dan wastafel.

Mengutip Cleveland Clinic, bagi orang dengan daya tahan tubuh yang rendah, bakteri ini bisa mengakibatkan berbagai jenis infeksi, seperti pneumonia, selulitis, dan infeksi pada saluran kemih.

  1. Memelihara Kesehatan Kulit
BACA JUGA :  Timnas Indonesia Kalah dari Iraq 2-1, Ini Kata Pelatih Shin Tae-yong

Madu tidak hanya dijadikan sebagai bahan pangan, tetapi juga produk perawatan wajah untuk merawat kesehatan kulit.

Mengutip riset yang dilaksanakan oleh Fakultas Farmasi Universitas Jenderal Achmad Yani, madu hitam memiliki kandungan vitamin C yang berkhasiat sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas. Dalam riset ini, penambahan madu hitam pada bahan masker gel menunjukkan peningkatan aktivitas antioksidan.

  1. Minim Tingkatkan Kadar Gula Darah

Madu hitam memiliki kadar glukosa yang rendah dan kadar alkaloid yang tinggi. Oleh sebab itu, madu hitam cocok dikonsumsi oleh pengidap diabetes.

Akan tetapi, sebaiknya pengidap diabetes tetap berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui dosis madu hitam yang sebaiknya dikonsumsi.

  1. Menangani Gejala Sakit Lambung

Mengonsumsi madu hitam adalah salah satu cara mengatasi gejala sakit lambung secara alami. Madu hitam memiliki kadar fenol dan flavonoid yang lebih tinggi dibandingkan madu biasa.

BACA JUGA :  Resep Membuat Spaghetti Tuna Pedas untuk Menu Makan Malam yang Praktis

Riset tahun 2017 yang diterbitkan pada Journal of Food Science and Engineering menunjukkan bahwa ekstrak madu hitam berperan sebagai antibakteri Helicobacter pylori, bakteri yang menyebabkan gejala sakit lambung.

  1. Mengobati Masalah Pencernaan

Madu hitam memiliki manfaat menjaga sistem pencernaan, khususnya akibat infeksi. Penelitian yang diadakan oleh Politeknik Piksi Ganesha di Bandung menunjukkan bahwa madu hitam berperan sebagai antibakteri untuk menghambat pertumbuhan bakteri Esherichia coli.

  1. Mengatasi Batuk

Madu kerap kali dijadikan obat alami untuk mengobati batuk. Sebuah riset yang dilakukan oleh College of Medicine Pennsylvania State University menunjukkan bahwa konsumsi madu hitam sebelum tidur efektif mengobati batuk pada anak usia 2 sampai 18 tahun yang memiliki infeksi saluran pernapasan.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================