Untitled-2Bagi keluarga besar PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, menanam pohon bukan kegiatan baru. Perusahaan air minum milik pemerintah daerah ini, punya program rutin menanam pohon di daerah mata air dan juga di lokasi instalasi pengelolaanair (Intak).

RICKY ISKANDAR
[email protected]

Bahwa Sabtu ( 16/1/2016) Dirut PDAM Tirta Pakuan HM Un­tung Kurniadi mengizinkan tim Gerakan Bogor Hejo melakukan penanam pohon di ling­kungan kantor PDAM Tirta Pakuan, itu untuk mengawali kerjasama tanam pohon antara PDAM Tirta Pakuan dengan Gerakan Bogor Hejo. Itu sebabnya, acaranya pun didesain sangat santai, tidak ada protokoler. Yang ada senda gurau antara Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono (Golkar), Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Sofyan Ali Agam (Gerindra), Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Bogor Najamudin Alma’arif, Dirut PDAM Tirta Pakuan HM Untung Kurniadi, Dandim 0606 Kota Bo­gor Letkol Inf. Mukhamad Albar, dan Ketua Gerakan Bogor Hejo Al­fian Mujani, Dirum PDAM Tirta Pak­uan Ade Saban Maulana, dan Corporate SecretaryPDAM Hendra Setiawan.

Jumlah pohon yang ditanam lumayan, 40 pohon terdiri dari pohon buah—durian, nangka, sirsak—dan pohon pucuk merah. Yang istimewa, kegiatan menanam po­hon di PDAM Tirta Pakuan ini justru kedatangan tamu istimewa yakni Ko­munitas Pos Ronda Bintaro Jaya Sektor V Tangerang Selatan yang dipimpin Pak Siregar. Tamu is­timewa ini ternyata juga dapat suguhan istimewa yakni nasi putih, goreng ikan asin sepat, peda, sambal, lalap pete dan rebusan yang dimasak secara khusus oleh Anggota Fraksi PDIP DPRD Kota Bo­gor Ati Somadikarya. ‘’Mari kita galakkan na­nam pohon, tapi jangan nanam pohon ganja ya,’’ ujar Untung bergurau.

Dandim 0606 Letkol Inf Mukhamad Albar mengajak se­luruh elemen masyarakat untuk melakukan gerakan tanam pohon secara massif dan konsisten. ‘’Untuk melakukan penanaman dalam skala besar, kami siap mendukung dan men­girim pasukan dalam jumlah yang besar pula,’’ ujar M. Albar dalam sambutannya.