Football01SINGAPURA, Today – Timnas Indone­sia U-23 akhirnya menjawab kera­guan banyak pihak dengan lolos ke semifinal SEA Games 2015 setelah mengalahkan tuan rumah Singapura U-23 dengan skor tipis 1-0.

Bermain di Jalan Besar Stadium, Kamis (11/6) malam, Garuda Muda menang berkat gol tunggal Evan Di­mas.

I n d o n e s i a yang hanya butuh hasil seri untuk lolos ke semifinal SEA Games 2015 ca­bang sepakbola, menurunkan kekuatan terbaiknya. Manahati Lestusen, Adam Alis, Evan Dimas dan Muchlis Hadi Ning menjadi andalan Garuda Muda untuk menggempur pertahanan Singapura.

Meskipun mampu tampil mendomi­nasi dan tenang di awal-awal per­tandingan, peluang Indonesia jus­tru baru tercipta pada menit ke-21. Sayang, tendangan Adam Alis dari luar kotak penalti itu masih mampu diantisi­pasi dengan baik oleh kiper Singapura, Muhammad Syazwan Buhari.

Tiga menit berselang, kembali Ga­ruda Muda mendapatkan peluang untuk membuka skor. Namun kali ini giliran Evan Dimas yang memak­simalkan kemelut di mulut gawang Singapura.

Usai peluang tersebut, permainan berjalan seru. Baik Singapura maupun Indonesia sama-sama memiliki peluang untuk mencetak gol. Namun sampai turun minum skor belum juga berubah masih 0-0.

Garuda Muda langsung menggebrak di babak kedua. Serangan pertama anak asuh Aji Santoso usai rehat mam­pu berbuah gol.

Sebuah penetrasi dari Muchlis Hadi di sisi kiri pertahanan Singapura mam­pu menembus kotak penalti sebelum melepas umpan datar kepada Evan Dimas yang tanpa ampun melepas ten­dangan akurat yang merobek gawang Singapura.

Usai kebobolan, Singapura lang­sung memberi serangan balasan satu menit berselang. Lewat sebuah seran­gan cepat dari sisi kiri, Mohamad Su­haimi nyaris menyamakan kedudukan. Beruntung sundulannya masih mampu diantisipasi dengan gemilang oleh Teg­uh Amiruddin.

Mampu unggul satu gol, per­mainan Indonesia semakin rapi dan tenang. Pada menit ke-61, Indone­sia kembali memiliki peluang lewat Syaiful Indra Cahya, sayang tendan­gan bek kanan tersebut masih mam­pu diantisipasi dengan baik oleh kiper Singapura.

Begitu pula dengan peluang Ahmad Nufiandani semenit berselang juga ma­sih mampu ditepis dengan gemilang oleh Muhammad Buhari.

Upaya tuan rumah Singapura untuk menyamakan kedudukan semakin be­rat. Pasalnya, pada menit ke-64, tuan rumah harus bermain dengan 10 pe­main setelah Wai Loon mendapatkan kartu kuning kedua setelah melanggar dengan keras Evan Dimas.

Unggul satu pemain, Indonesia se­makin mengendalikan permainan. Jus­tru permainan Singapura yang terlihat kurang tenang dan menjurus kasar se­hingga wasit beberapa kali menghenti­kan pertandingan akibat pelanggaran.

Di sisa pertandingan, Indonesia memiliki beberapa peluang dari Evan Dimas, Muchlis Hadi dan Adam Alis, namun hingga pertandingan usai, skor 1-0 untuk kemenangan Indonesia tak berubah.

Hasil ini memastikan Indonesia lolos ke semifinal SEA Games 2015 dan akan menghadapi juara Grup B, Thailand.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Aji Santoso meminta anak asuhnya tak ter­lalu larut dalam kebahagiaan usai men­galahkan Singapura dan menembus semifinal. Menurutnya, Garuda Muda harus mulai fokus melawan Thailand di semifinal.

“Lupakan kemenangan dari Sin­gapura untuk bisa lebih fokus meng­hadapi Thailand di semifinal,” kata Aji Santoso.

Terkait kemenangan timnya seka­ligus lolos ke semifinal, menurut Aji, harus dilalui Timnas dengan pertandin­gan yang menegangkan dan cukup be­rat bagi Indonesia maupun Singapura.

“Pertandingan ini sangat menegang­kan karena menentukan nasib kami ke semifinal. Pertandingan ini sangat berat baik bagi Singapura maupun Indone­sia,” tandasnya.

(Imam/net)