HARI Kartini yang diperingati bertepatan dengan hari kelahirannya R.A. Kartini pada 21 April, Ada sebagai penghormatan atas wujud perjuangan kaum perempuan, simbol persamaan gender, emansipasi wanita. Kartini ada sebagai pahlawan, bukan dengan tindakan kekerasan, tapi tetap radikal, demi memperjuangkan kebenaran yang dipercayainya.

Oleh: UHAH MAFTUHAH, S.PD.I
(Guru SMK Avicenna Mandiri Kec. Rancabungur Kab. Bogor)

Beberapa dekade setelah beliau me­ninggal, pergerakan wanita semakin ter­asa dan membawa dampak luar biasa. Saat ini, me­lihat kaum perempuan berada di posisi kepemimpinan bukanlah hal yang begitu tabu lagi, meski­pun adat ketimuran yang bangsa ini punya juga tidak sepenuhnya punah, terutama budaya patri­arki.

BACA JUGA :  KUSTA, KENALI PENYAKITNYA RANGKUL PENDERITANYA

Sejatinya, apabila belajar dari sejarah kaum wanita pada masa Rasulullah SAW, kita akan men­emukan sifat-sifat mulia yang dapat diteladani dan diterapkan oleh kaum wanita di zaman seka­rang.

Pertama, cerdas dan berwa­wasan luas. Sifat ini antara lain dimiliki ‘Aisyah ra. Ia adalah pa­kar dalam ilmu hukum dan telah meriwayatkan lebih dari seribu hadits Rasulullah dengan sangat teliti, sehingga banyak sahabat yang bertanya tentang masalah hukum kepadanya. Ia menjadi sumber rujukan pokok dan men­dasar dalam masalah sunnah Nabi. Ia guru yang bisa men­jadi tempat bertanya. Ilmu dan pemahamannya sangat disegani oleh para sahabat Nabi. Ia bisa menjelaskan kepada mereka sejumlah hadits yang sulit dipa­hami. Ia bisa meluruskan kes­alahpahaman mereka.

BACA JUGA :  KUSTA, KENALI PENYAKITNYA RANGKUL PENDERITANYA

Kedua, pandai menjaga ke­hormatan, menjadi bagian dari pilar kemajuan, dan menebar­kan rasa tentram. Ketiga sifat tersebut dimiliki oleh Khadijah ra. Ia mempunyai pribadi luhur dan akhlak mulia. Dalam ke­hidupan sehari-hari senantiasa memelihara kesucian dan mart­abat dirinya. Ia jauhi adat istiadat yang tidak senonoh wanita-wanta jahiliyah pada masa itu, sehingga oleh penduduk Makkah ia diber gelar “at-Thahirah” (wanita suci). Ia mempunyai pikiran yang tajam, lapang dada, kuat him­mah dan tinggi cita-citanya. Ia suka menolong orang-orang yang dalam kekurangan dan sangat penyantuk kepada orang-orang lemah.

============================================================
============================================================
============================================================