JAKARTA TODAY- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) langsung merosot ke level 5.697 atau turun 10,8 poin (0,18 persen), merespons putusan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara terhadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Pada hari ini, Selasa (9/5), Ahok divonis dua tahun penjara karena terbukti bersalah melanggar Pasar 156s KUHP tentang penodaan agama.

RTI Infokom mencatat, investor membukukan transaksi sebesar Rp8,3 triliun dengan volume 21,78 miliar lembar saham. Sementara, perdagangan di pasar reguler hari ini, investor asing tercatat beli bersih (net buy) sebesar Rp692 miliar.

BACA JUGA :  Kecelakaan Beruntun 3 Kendaraan di Jalan Raya Ngawi-Solo, Tewaskan 1 Orang

Sebanyak 119 saham naik, 220 saham turun, dan 95 saham tidak bergerak. Sementara tujuh dari 10 sektor mengalami pelemahan. Pelemahan terbesar dialami oleh sektor tambang dasar yang menguat sebesar 2,42 persen.

Dari Asia, mayoritas indeks saham bergerak menguat. Kondisi itu ditunjukkan oleh indeks Nikkei225 di Jepang yang turun sebesar 0,26 persen, indeks Kospi di Korsel naik sebesar 2,3 persen, dan indeks Hang Seng di Hong Kong naik sebesar 1,27 persen.

BACA JUGA :  KUSTA, KENALI PENYAKITNYA RANGKUL PENDERITANYA

Sore ini, mayoritas indeks saham di Eropa bergerak menguat sejak dibuka tadi siang. Indeks FTSE100 di Inggris bergerak naik 0,4 persen, indeks DAX di Jerman naik 0,46 persen, dan indeks CAC di Perancis naik 0,36 persen.

============================================================
============================================================
============================================================