Penuhi kebutuhan darah PMI
Penuhi kebutuhan darah di PMI panitia Festival Merah Putih (FMP) 2022 menggelar aksi donor darah di BTM Mall, Sabtu (28/8/2022). Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORPenuhi kebutuhan darah PMI panitia Festival Merah Putih (FMP) 2022 menggelar aksi donor darah di BTM Mall, Sabtu (28/8/2022). Aksi kemanusiaan itu merupakan rangkaian kegiatan FMP yang telah dimulai dari 1 hingga 31 Agustus 2022 ini.

Ketua FMP tahun 2022, Irwan S Wijaya menyebut bahwa FMP ini mencoba tidak hanya selebrasi tapi juga bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan.

“Target hari ini 100, tapi saat masih pagi pun kami sudah mendapatkan sekitar 60 kantung darah. Tidak ada target khusus, tapi targetnya adalah kuantitas kita serahkan ke PMI,” ujar Irwan kepada wartawan disela-sela kegiatan.

BACA JUGA :  Bekal Sekolah dengan Sosis Dadar Nori yang Simple dan Sederhana

Dengan demikian, Irwan berharap Festival Merah Putih ini dapat memberikan kontribusi kepada warga Kota Bogor.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua PMI Kota Bogor, Gatut Susanta mengakui bahwa kebutuhan darah di PMI di seluruh Indonesia, termasuk Kota Bogor masih jauh mencukupi.

Jika menurut Undang-undang, kata Gatut, darah yang harus tersedia di PMI itu 2,5 persen dari jumlah penduduk. Sementara sejauh ini setiap bulan, pihaknya hanya dapat memenuhi 3.500 kantung darah.

“Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, di Kota Bogor ini dilakukan dengan tiga hal. Pertama, kami buka di markas, hal kedua kami ngamen keliling seperti ini,” kata Gatut.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, 27 April 2024

Meski dari jumlah yang ditargetkan tercapai, namun darah tersebut belum tentu semuanya bisa terpakai. Sebab, darah itu akan diperiksa lebih dahulu di laboratorium untuk mendeteksi apakah darah itu mengandung virus atau tidak. Jika terdapat virus, maka pendonor yang memiliki darah akan dilakukan pemeriksaan agar mereka menjalani pengobatan.

Gatut mencatat, terdapat tujuh virus yang dapat darah itu terbuang salah duanya yaitu HIV dan hepatitis.

============================================================
============================================================
============================================================