Harus Tau! Ini Dia Ciri-ciri yang Menandakan Sedekahmu Tidak Diterima Allah SWT

Ciri-ciri yang Menandakan Sedekahmu Tidak Diterima Allah SWT

BOGOR-TODAY.COM – Salah satu amal sholeh yang dianjurkan untuk dikerjakan adalah bersedekah. Keutamaan bersedekah sangatlah banyak, seperti mendapat pahala besar dan mendapat naungan Allah SWT di akhirat.

Dalam Surat Al-Hadid ayat 7, Allah SWT berfirman:

Artinya: “Berimanlah kepada Allah dan Rasul-Nya serta infakkanlah (di jalan Allah) sebagian dari apa yang Dia (titipkan kepadamu dan) telah menjadikanmu berwenang dalam (penggunaan)-nya. Lalu, orang-orang yang beriman di antaramu dan menginfakkan (hartanya di jalan Allah) memperoleh pahala yang sangat besar.”

Adapun, dalam sebuah hadits, Rasul SAW bersabda,

“Sungguh, sedekah dapat menyelamatkan seseorang dari panasnya hari akhirat. Pada hari kiamat, setiap mukmin berteduh di bawah naungan sedekahnya.” (Hadits dalam kitab al-Silsilah al-Shahihah)

Akan tetapi, muslim harus berhati-hati karena ada beberapa hal yang membuat sedekah tidak diterima Allah SWT.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Remaja yang Hilang Tenggelam di Sungai Sekampung Lampung Timur

Ini dia ciri-ciri yang dimana sedekah kita tidak diterima Allah SWT. Berikut di bawah ini.

Ciri-ciri Sedekah Tidak Diterima Allah SWT

  1. Sedekah dengan Harta yang Haram

Muslim yang bersedekah dengan harta haram maka ia termasuk orang merugi. Karena, harta yang halal dan baik adalah sebab diterimanya sedekah. Dan Allah SWT hanya menerima dari yang baik-baik.

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda, “Tidaklah seseorang bersedekah dengan harta yang baik, dan Allah tidak akan menerima kecuali yang baik-baik, melainkan Allah akan mengambil dengan tangan kanan-Nya. Jika itu berupa sebutir kurma, niscaya ia akan tumbuh di telapak tangan Allah hingga menjadi lebih besar daripada gunung. Sebagaimana seseorang di antara kamu menyemai benihnya atau memelihara anak unta.” (HR Ahmad [II/538], Nasa’i [V/5], Tirmidzi [661], dan Ibnu Majah [1842])

BACA JUGA :  Daftar Skuad Timnas Indonesia di Piala Asia Wanita U-17 2024

Ini termasuk bersedekah dengan barang yang haram secara zat, seperti daging babi. Mengutip buku Fiqh Muamalat karya Abd. Rahman Ghazaly, bersedekah dengan barang tersebut tidak diterima Allah SWT karena amal sedekahnya menjadi haram.

  1. Sedekah karena Riya atau Pamer

Sedekah dengan tujuan pamer, ingin dipuji, ingin dilihat orang lain (riya), maupun ingin didengar orang (sum’ah) juga tidak akan diterima dan mampu menggugurkan pahalanya.

Di sisi lain, riya termasuk syirik kecil dan ini adalah hal yang harus muslim hindari. Diriwayatkan dari Mahmud bin Lubaid, Rasul SAW bersabda:

============================================================
============================================================
============================================================